Nuclear Teaching Industry: Sinergi Institusi Pendidikan dengan Industri


Selasa, 15 Desember 2020 - 21:34:04 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 923 kali


(Yogyakarta, 14/12/20). Nuclear Teaching Industry (NTI) merupakan konsep kurikulum yang saat ini tengah “digodog” oleh Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN – BATAN). NTI adalah konsep perkuliahan berbasis teknologi dan industri kenukliran melalui sinergi, inovasi riset dan kerja sama dengan industri kenukliran dan semangat BATAN incorporated untuk menghasilkan lulusan yang kompeten sesuai dengan kebutuhan sektor industri dan pasar kerja serta berkontribusi dalam pengembangan industri nuklir di Indonesia.

 

Menindaklanjuti hal tersebut, pada hari Sabtu 12 Desember 2020, STTN kembali melaksanakan webinar tentang Kurikulum Nuclear Teaching Industry (NTI) di STTN dengan menghadirkan 3 narasumber yaitu Ir. Kristedjo Kurnianto, M. Sc (Kepala PRFN – BATAN), Didik Setiadji, ST (Koordinator Bidang Keselamatan dan Pengelolaan Limbah – PTRR BATAN) dan Ir. Hotma Prawoto Sulistyadi, M.T., IP-Md (Penasehat Asosiasi Profesi Dosen Vokasi APDOVI). Kegiatan diikuti oleh dosen dan tenaga kependidikan STTN secara daring / virtual.

 

Edy Giri Rachman Putra, Ph. D selaku Ketua STTN dalam sambutannya menyampaikan bahwa webinar kali ini merupakan kelanjutan dari FGD NTI pada bulan Mei 2019 dengan mengundang seluruh satuan kerja di BATAN, Bappenas, Dikti, BAPETEN dan Mitra dengan tujuan untuk menyampaikan ide / konsep program NTI. Dalam konsepnya, Politeknik / pendidikan vokasional outputnya selain SDM adalah produk, prototipe/modul/desain atau perancangan, bukan hanya data-data ilmiah untuk publikasi semata.

 

Lebih lanjut, Edy Giri juga menyampaikan bahwa kesiapan industri untuk menerima mahasiswa magang juga terbatas, maka perlu juga disasar satker di BATAN yang memang sesuai dengan capaian pembelajaran STTN dengan kurikulum barunya. PRFN - BATAN bisa menjadi mitra untuk peminatan khusus dibidang instrumentasi kendali, mekanik, NDT, instumentasi medik, perancangan/engineering design termasuk keselamatan. PTRR - BATAN bisa menjadi mitra kerjasama untuk keahlihan lulusan dalam produksi radioisotop dan radiofarmaka tetapi juga dimanfaatkan Prodi lain terkait kendali, mekanik, robotika, dll. “Misalnya untuk yang di NTI NDT, lulusan STTN bukanlah menjadi NDT inspector/supervisor, tetapi menjadi NDT technologist karena programnya diploma IV, yaitu mampu pengembangkan basis teknologi/engineeringnya dibidang NDT,” ungkapnya. Perubahan mindset adalah hal penting, bahwa pembelajaran di pendidikan vokasi berbeda dengan pembelajaran di Pendidikan akademik.

 

Sementara itu, Hotma Prawoto dalam materinya menyampaikan bahwa inti dari pendidikan vokasi adalah teaching industry, dan NTI menjadi hal penting dalam pembelajaran vokasi di STTN. Practical knowledge dan skill knowledge menjadi porsi dalam proses pembelajaran NTI, seperti halnya kewirausahaan yang juga tidak boleh ditinggalkan dalam pendidikan vokasi. Menurutnya, pendidikan vokasi itu metode pembelajarannya dari hilir ke hulu, sedangkan pendidikan akademik itu dari hulu ke hilir.

 

“Teaching industry tanpa industri adalah mustahil,” ucapnya. Oleh karenanya, diperlukan perkawinan antara industri dan institusi pendidikan dengan tujuan menyamakan persepsi serta menjalin keterlibatan kedua belah pihak untuk melaksanakan sharing knowledge. Selain itu, dalam teaching industry, dari profil lulusan dan capaian pembelajaran, perlu diperhatikan hal-hal berikut: penyelenggaraan proses pembelajaran yang menjamin tercapainya tujuan (SDM, sistem, sarana prasarana), jaminan akan keberlanjutannya serta tingkat kepuasan pengguna dan sinergitas yang berkelanjutan.

 

Selain Hotma Prawoto, pemaparan materi tentang konsep teaching industry disampaikan oleh Ir. Kristedjo Kurnianto, M. Sc dengan materi review kurikulum Jurusan Teknofisika dan kurikulum Nuclear Teaching Industri (NTI) serta Didik Setiadji, ST dengan materi Review Kurikulum Jurusan Teknokimia Nuklir dan kurikulum Nuclear Teaching Industri (NTI). (tek)

 

 



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
  • Tracer Alumni
  • IKM STTN
Top
  • Follows us our servcies