Sertifikasi Radiografi Level 1, Nilai Tambah Lulusan STTN selain SIB PPR dan UT


Selasa, 23 Maret 2021 - 17:01:12 WIB
Diposting oleh : taurina eka
Kategori: Berita STTN - Dibaca: 3756 kali


(Yogyakarta, 23/3/21). Program Studi Elektro Mekanika Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir – Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN-BATAN) menyelenggarakan pelatihan Radiografi level 1 bagi mahasiswa. Pelatihan dilaksanakan dari tanggal 22 Maret – 7 April 2021 dengan jumlah peserta sebanyak 35 orang. Selain membekali dengan kompetensi berupa sertifikasi Surat Izin Bekerja sebagai Petugas Proteksi Radiasi (PPR), STTN juga menambahkan lisensi sertifikasi Radiografi level 1 (OR) serta lisensi Ultrasonic Testing (UT) bagi lulusannya sebagai upaya mempersiapkan persaingan dalam mencari dunia kerja.

 

Edy Giri Rachman Putra, Ph. D selaku ketua STTN dalam sambutan pembukaan pelatihan menyampaikan, sangat bersyukur karena dalam masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, pelatihan OR tetap dapat dilaksanakan secara offline dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. “Selain mahasiswa dari program studi Elektro Mekanika, pelatihan OR ini juga bisa diikuti oleh mahasiswa prodi Elektronika Instrumentasi maupun program studi Teknokimia Nuklir yang memang berminat untuk membekali diri dengan kompetensi OR,” ungkapnya. Edy Giri berharap, peserta dapat mengikuti pelatihan dengan baik dan hasil maksimal serta meminta kepada mahasiswa untuk secara ketat mematuhi protokol kesehatan, dengan melaksanakan 5 M (memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilisasi dan interaksi).

 

Sementara itu, Totok Dermawan, M. Eng selaku ketua program studi Elektro Mekanika sekaligus ketua panitia pelatihan tahun 2021 mengungkapkan, bahwa tujuan dari diselenggarakannya pelatihan Radiografi level 1 adalah untuk mempersiapkan mahasiswa agar lebih siap bekerja didunia industri khususnya bidang NDT. Totok juga berharap kepada seluruh peserta pelathan OR tersebut dapat menggunakan kesempatan sebaik mungkin, serius dalam belajar, karena pelatihan ini merupakan wujud pembekalan pelatihan berlisensi untuk meningkatkan kompetensi berdaya saing di kancah industri nasional, selain ijazah yang dimiliki.

 

Pelatihan Radiografi level 1 kali ini, diselenggarakan atas kerjasama antara STTN dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) BATAN serta Pusat Standarisasi dan Mutu Nuklir (PSMN) BATAN. Sebagai rangkaian kegiatan, diakhir pelatihan akan dilaksanakan ujian sertifikasi pada tanggal 5 – 7 April 2021. “Penguji sertifikasi dari PSMN BATAN, dan akan dikeluarkan sertifikat dari PSMN sebagai bukti tanda lulus, selanjutnya BAPETEN akan mengeluarkan ijin berupa SIB OR,” ungkap Totok. (tek)

 



Berita Terkait:

0 Komentar :


Isi Komentar:
  • Nama :
  • Website :
  • Komentar :
  • (Masukkan 6 kode diatas)
  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
  • Tracer Alumni
  • IKM STTN
Top
  • Follows us our servcies