Profil Ketua STTN-BATAN


Diposting tanggal: 02 Juni 2016

Edy Giri Rachman Putra, PhD.
Ketua STTN-BATAN (2016 - sekarang)

Alumni Kimia FMIPA – ITB tahun 1993 ini memulai karir di BATAN tahun 1994 sebagai staf di Instalasi Spektrometri Neutron (ISN) di Pusat Penelitian Sains Materi (PPSM) Serpong. Setelah menamatkan pendidikan doktoralnya dari the University of Sheffield Inggris tahun 2004, Edy Giri Rachman Putra menghabiskan waktunya sebagai peneliti di laboratorium hamburan neutron dalam memberdayakan, mengembangkan, mendayagunakan serta mendiseminasikan fasilitas spektrometer neutron hamburan sudut kecil (SANS) untuk penelitian ilmu bahan (materials science) dan biologi (life science).
Minat penelitian yang ditekuni adalah mempelajari mekanisme self-assembly makromolekul serta analisis nanostruktur bahan menggunakan dana penelitian baik dari BATAN sendiri maupun Ristek/Ristekdikti, TWAS/ICTP serta IAEA (CRP, TC). Hasil penelitiannya banyak dipublikasikan di jurnal ilmiah internasional. Disamping aktif dalam publikasi ilmiah, Edy Giri Rachman Putra juga aktif dalam organisasi ilmiah, baik dalam maupun luar negeri.
Selama tahun 2014 sampai 2016, Edy Giri Rachman Putra adalah Kepala Bidang Sains Bahan Maju di Pusat Sains dan Teknologi Bahan Maju (PSTBM) yang dulunya bernama Pusat Penelitian Sains Materi (PPSM).

  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
Top
  • Follows us our servcies