Profil


Diposting tanggal: 13 Januari 2017

Pendahuluan

Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN) yang awalnya bernama Pendidikan Tinggi Ahli Teknik Nuklir (PATN) didirikan pada tahun 1985 dengan jenjang program Diploma III, merupakan perguruan tinggi kedinasan yang diselenggarakan oleh Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) dengan 2 Jurusan dan 3 Program Studi, yaitu Jurusan Teknokimia Nuklir dengan Program Studi Teknokimia Nuklir dan Jurusan Teknofisika Nuklir dengan Program Studi Elektronika Instrumentasi, dan Elektromekanik. Penyelenggaraan pendidikan ini awalnya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan tenaga teknis di BATAN.

Sejalan dengan pemenuhan kebutuhan peningkatan sumber daya manusia Indonesia yang lebih terdidik dan profesional di bidang teknologi nuklir, maka pada tahun 2001, Pendidikan Ahli Teknik Nuklir ini berubah statusnya menjadi Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN), menyelenggarakan pendidikan jenjang program Diploma IV dengan Jurusan dan Program Studi yang sama. Tercatat lebih dari 1300 alumni dengan jenjang program Diploma I, II, III dan IV telah dihasilkan dari PATN dan STTN selama kurun waktu lebih dari 30 tahun. Jumlah alumni tersebut telah tersebar di BATAN, Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) serta institusi lain termasuk perguruan tinggi, industri, rumah sakit, serta sebagai berwirausaha. Dari sejumlah alumni tersebut, cukup banyak pula yang melanjutkan pendidikannya ke jenjang pendidikan S2 bahkan S3, di berbagai perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri.

Dalam menjamin kualitas penyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang teknologi nuklir di Indonesia, dilakukan akreditasi terhadap ketiga Program Studi yang ada di STTN oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Akreditasi yang merupakan bentuk akuntabilitas kepada publik yang dilakukan secara obyektif, adil, transparan, dan komprehensif telah dilakukan pada tahun 2012 dengan nilai B untuk ketiga Program Studi dan re-akreditasi selanjutnya akan diadakan pada tahun 2017.

Disamping pemenuhan kebutuhan serta persiapan sumber daya manusia dalam industri nuklir di Indonesia, penyelenggaraan pendidikan tinggi dalam iptek nuklir juga bertujuan untuk preservasi iptek nuklir di Indonesia melalui peningkatan jejaring dan kolaborasi dengan institusi di dalam dan luar negeri untuk menjadikan STTN sebagai Leading University in Nuclear Science, Technology and Education di Indonesia.

  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
Top
  • Follows us our servcies