Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UPPM)


Diposting tanggal: 31 Januari 2017

Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat merupakan wadah bagi dosen STTN dan civitas akademika dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi serta penerapannya di dalam masyarakat. Melalui kegiatan ini, dosen diharapkan mampu mengembangkan kompetensinya dalam aspek teori, praktek dan aplikasinya di dalam masyarakat  sehingga dapat meningkatkan kualitas proses belajar-mengajar yang berimplikasi pada peningkatan kualitas lulusan STTN.

UPPM menfasilitasi kegiatan penelitian dosen serta publikasi hasil penelitian dalam pertemuan limiah dan jurnal ilmiah baik untuk tingkat nasional dan international.  Seminar nasional tentang SDM teknologi nuklir yang sudah rutin diselenggarakan sejak tahun 2004, pada tahun 2017 ini akan temanya diperluas dan ditingkatkan menjadi seminar international dengan mengundang partisipasi peserta di tingkat regional. International school merupakan salah satu event dari World Nuclear University  yang sedang dipersiapkan untuk diselenggarakan di STTN pada bulan oktober 2017 ini.

UPPM mengkoordinir dan memfasilitasi kegiatan pengabdian dan pelayanan  masyarakat bagi dosen dan mahasiswa STTN meliputi sosialisasi iptek nuklir bagi guru-guru sekolah menengah di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta serta kegiataan monitoring paparan radiasi di fasilitas radiologi di rumah-sakit di kawasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Beberapa dosen dan mahasiswa STTN berinisatif dalam kegiatan penyebaran hasil iptek nuklir BATAN yaitu penamanan dan panen raya padi unggul hasil rekayasa genetik bekerjasama dengan kelompok tani di Kulonprogo. UPPM juga ikut berpartisipasi dalam mendukung program pemerintah di bidang energi Baru Terbarukan dengan menyelenggarakan workshop bekerjasama dengan instansi pemerintah maupun swasta untuk merumuskan model pengelolaan energi terbarukan yang berkelanjutan.

  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
Top
  • Follows us our servcies