Alumni dan prospek lulusan


Diposting tanggal: 01 Februari 2017

STTN BATAN sebagai perguruan tinggi kedinasan telah meluluskan alumni sebanyak 1336 orang dengan sebaran lapangan kerja sangat luas. Tidak hanya bekerja di BATAN atau BAPETEN saja, tetapi terbuka pada berbagai jenis lapangan pekerjaan, walaupun lapangan kerja yang terbanyak ada di industri nuklir. Bidang kerja lulusan STTN antara lain:
1)    Aplikasi Iptek Nuklir Di Bidang Industri dan Usaha Jasa Inspeksi (NDT)
PT. Graha Cemerlang Paper Utama (GPCU) Karawang, PT. Pura Barutama pabrik kertas di Kudus, PT. UT Quality Batam, PT Samudra Oceaneering Batam, PT. Bixindo Utama Batam, PT. Hitek Indo Mulia Batam, PT. Surveyor Indonesia Jakarta, Riau, dan PT. Sucofindo Palembang, PT. Radiant Utama Interinsco. Sejenis dengan   PT. Radiant Utama Interinsco, perusahaan lainnya misalnya PT. Bonne Indo Teknik, PT. Shaib Sejati, PT. Spektra Megah Semesta. Alumni STTN juga berkiprah di dunia industri penerbangan, yaitu sebagai tenaga maintenance pesawat sinar-X di bandara, yaitu yang bekerja di PT. Scientek Komputindo Jakarta serta yang bekerja di industri perhotelan yang menggunakan iptek nuklir (Sinar-X di hotel), yaitu di Hotel Mandarin Jakarta dan Hotel Hyatt Jakarta. Selain itu, ada juga lulusan STTN yang bekerja pada perusahaan swasta satu-satunya yang memiliki iradiator yaitu PT. Rel Ion Bekasi.
2)    Bidang Pertambangan dan Exportir Emas
Lulusan STTN yang telah bekerja di bidang pertambangan batubara antara lain PT. Pama Persada Nusantara (sebuah perusahaan pertambangan batubara di bawah konglomerasi Astra Group), PT Sapta Indra Sejati Kalimantan (salah satu anak perusahaan Adaro Group di Kalimantan), yang bekerja di pertambangan minyak, yaitu di PT. Dowell Anadrill Schlumberger dan di PT Hariburton. Tentunya tidak hanya di tambang batubara dan minyak, tetapi ada pula yang di tambang Emas, yaitu di PT. ANTAM (Persero) Tbk Bogor, dan di pertambangan nikel, yaitu di PT. Global Mining Service Sulawesi. Ada pula yang menjadi konsultan di PT. Global Handitech, sebagai Supervisi Pemeliharaan Metering System di Pertamina RU IV- Cilacap dan yang membanggakan bahwa alumni STTN saat ini bekerja sbg NDT Inspector Abu Dhabi Gas Industries Limited. Dalam perdagangan emas di UD I Love Emas Denpasar yang menggunakan XRF.
3)    Bidang Pembangkit Listrik Konvensional, Telekomunikasi dan IT
Di bidang pembangkit listrik konvensional, alumni STTN juga telah berkiprah didalamnya. Misalnya ada yang menjadi profesional di KPJB PLTU Tanjung Jati B Unit III-IV dan PT TS3 PLTU Tanjung Jati B, ada pula yang berkarier di PLN Jakarta dan di Indonesia Power Jawa Tengah. Kiprah alumni STTN tidak saja dibidang pembangkit listrik, tetapi ada yang  berkarier dibidang telekomunikasi, yaitu PT. Telkom Sigma dan di PT. Multipolar sebuah perusahaan telekomunikasi dan IT di bawah Lippo Group. Yang paling membanggakan yaitu adanya alumni STTN yang bekerja di Scada PLC Automation Engineers, dimana penugasannya di Wina Austria.
4)    Bidang Industri Jasa Perdagangan Alat-Alat Iptek Nuklir.
Lulusan STTN yang bekerja di bidang jasa perdagangan juga tidak kalah penting, sehingga alumni STTN tersebut ada yang berkiprah di jasa perdagangan, baik berprofesi sebagai tenaga penjual maupun sebagai teknisi pemasangan dan perawatan peralatan iptek nuklir. Misalnya yang berkarier di PT. Pacifik Aman Garda, PT. Wisu Varia Analitika, PT. Indotech Scientific. Yang paling membanggakan adalah adanya lulusan STTN yang saat ini telah menjadi owner perusahaan distributor peralatan iptek nuklir yang berasal dari negara-negara : Ukraina, Amerika, Jerman, Italia, Slovakia, Australia, dan sebagainya, yaitu PT. Gamma Mitra Lestari.
5)    Bidang Industri Otomotif dan Alat Berat
Lulusan STTN yang bekerja di industri otomotif dan alat-alat berat, misalnya di PT. Mitsubishi Krama Yudha Motor and Manufacturing (penghasil spare part mobil milik Tiga Berlian Group yang lokasinya di Jakarta), PT. Akebono Brake Astra Indonesia (penghasil spare part mobil milik Astra Group yang lokasinya di Jakarta),  PT. Honda Prospect Motor (asembly mobil milik Honda yang lokasinya di Cikarang), PT Astra Daihatsu Motor (asembly mobil milik Astra Group di Sunter Jakarta), di PT. Denso Corp (anak perusahaan Astra Group yang memproduksi spare part mobil, seperti AC, karburator, busi, dsb yang lokasinya di Cibitung Bekasi), serta di PT. Astra Indonesia dan PT. Toyota Nasmoco Jawa Tengah. Di bidang alat berat di PT. United Tractor (anak perusahaan Astra Group) serta di PT. Kobexindo Tractors Tbk.  Ada juga yang bekerja di Suzuki Grup, yaitu di PT. Indonesia Thai Summit Karawang.
6)    Bidang Industri Makanan dan Minuman serta Kosmetika
Di industri makanan dan minuman, misalnya di : PT Indofood CBP Sukses Makmur (Kelompok Salim Group), PT Torbika Eka Semesta, PT Ultra Prima Plast  (Kelompok Ultra Jaya Group), PT Sugiura (Orang Tua Group), PT Sariwangi AEA, PT. Triteguh Manunggal Sejati (Garudafood Group), PT. Kino Jakarta, UBPN Maluku Utara (industri pengolahan hasil laut), PT. Pandu Rasa Jakarta, dsb. Selain bekerja di industri makanan dan minuman ada juga yang bekerja di industri kosmetika, misalnya di PT. Procter and Gambler Operations Indonesia, PT. Ferron for Pharmaceutcal, PT. Nippon Shokubai Indonesia, dsb. Ada juga yang bekerja di PT. Sido Muncul Semarang dan di PT. SGM Yogyakarta.
7)    Bidang Industri Pakaian, Sepatu dan Keramik
Selain itu ada juga yang bekerja di industri pakaian dan sepatu, yaitu di PT. Indorama Synthetic di Purwakarta (suatu perusahaan polyester terbesar di Indonesia), PT Adis Dimension Footwear (NIKE) Tangerang dan di industri keramik di PT. Satya Raya Keramindo Indah.
8)    Bidang Industri Elektronika dan Permesinan
Di bidang industri elektronika dan permesinan pun alumni STTN banyak yang menjadi profesional di bidangnya, baik ada yang menekuni bidang R&D, ada pula yang di bagian produksi, misalnya : di PT. Polytron Kudus, PT. Panasonic Electronic Devices di Batam, PT. Yamaha Music Manufacturring Asia di Jakarta, PT. Yokogawa Manufacturing di Batam. Selain di produk-produk elektronika, sebagian juga di industri baja dan produk mesin, seperti yang bekerja di PT. Meratus Jaya Iron & Steel di Batulicin Kalsel (suatu perusahaan industri baja anak perusahaan Krakatau steel) dan di PT KGEO Elektronik Cikarang.
9)    Bidang Perbankan, Jasa Keuangan dan Asuransi
Di bidang industri perbankan dan keuangan ada lulusan STTN yang bekerja disana, misalnya di Bank BCA Jakarta, Bank BCA Bengkulu, Bank NOBU Solo, Bank Danamon Serpong, Bank BRI Kebumen, Bank BRI Gunung Kidul, Bank Mandiri Yogyakarta, Bank BJB Banten, Bank Muamalat Surakarta, Bank BPD Sleman, Bank BNI Medan, Bank BTN Jakarta dan lembaga pembiayaan WOM Finance, Kredit Pembiayaan ADIRA Finance Jakarta, yang lebih istimewa ada yang menjadi analis/pialang saham di Bursa Effek Jakarta (BEJ). Sedangkan untuk jasa asuransi ada Allianz Life Jakarta.
10)    Instansi Pemerintah/ABRI/BUMN/PEMDA    
Di pemerintahan sudah banyak yang di BATAN baik di Jakarta, Bandung maupun di Yogyakarta. Selanjutnya juga banyak yang di BAPETEN Jakarta. Ada yang jadi tentara yaitu Lettu chb Ilham Wahyu Nugroho, SST sebagai Komandan Kompi Perhubungan Kesatuan Brigade Infanteri 15 Kujang II Jabar. Ada juga yang menjadi PNS di Kementerian Lingkungan Hidup Jakarta, Kementerian BUMN, LEMHANAS dan BUMN, yaitu di PT PERTAMINA, PT Angkasa Pura Jakarta dan di Bea Cukai Tanjung Priok. Di Pemda atau perusahaan daerah antara lain di PDAM Tirtarandi Musi Banyu asin Sumsel.
11)    Pengajar    
Lulusan STTN yang saat ini menjadi seorang pendidik, baik sebagai dosen antara lain di STTN, di Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Andalas Padang, Politeknik Manufaktur Ceper, Politeknik Aceh, Politeknik Makasar atau ada yang menjadi Guru baik tingkat SMA maupun SMP.
12)    Studi Lanjut
Lulusan STTN ternyata bisa juga kalau mau studi lanjut, terbukti saat ini beberapa lulusan STTN sudah, sedang dan telah menyelesaikan studi di dalam negeri atau di luar negeri, yaitu di Jurusan Teknik Nuklir Universitas Waseda, Jepang, Jurusan Teknik Elektro UGM, Jurusan Teknik Kimia UGM, Jurusan Fisika Nuklir ITB, Department of Engineering and System Science, College Nuclear Science National Tsing Hua Univ , No. 101, Section 2, Kuang Fu road Hsinchu, Taiwan 30013 ROC, Univ Selangor Malaysia, Univ. Chulalongkorn, Thailand, Jurusan Kimia ITS, Jurusan Fisika UI.
Salah satu keunggulan alumni STTN adalah bahwa STTN memfasilitasi adanya sertifikasi sebagai Petugas Proteksi Radiasi (PPR) yang diperlukan industri. Ke depan STTN terus akan berupaya membekali para mahasiswa dan alumni untuk semakin banyak memperoleh sertifikasi keahlian yang mendukung penerimaan lapangan kerja bagi lulusan STTN.

  • Badan Pengawas Tenaga Nuklir
  • JURNAL FORUM NUKLIR
  • BATAN
Top
  • Follows us our servcies